Keadaan Genting Membuat Proklamasi



Sudah berapa lama kau mengetahui “proklamasi”?
Lima tahun?
Dua tahun?
Atau baru-baru ini saja?

Ternyata, pencetus atau pembuat kata proklamasi ialah Iwa Kusumasumantri, loh! Dan tidak ada kata proklamasi di mana pun. Hanya Indonesia lah yang menggunakan kata proklamasi, padahal biasanya di negara-negara lain menggunakan kata deklarasi. *prok prok prok*

Aku ingin sedikit menceritakan pengalamannya ketika ia membuat proklamasi bersama teman-temannya. Eits, jangan khawatir, readers. Karena pembuatan proklamasi ini sebagai pembelajaran di sekolah Aku untuk ikut merasakan bagaimana terdesaknya para tokoh proklamasi kala itu.

Setelah dicoba melalui proses pematangan otak dan sebagainya, dan sebagainya, seperti inilah hasil proklamasi versi Aku dan teman-temannya.
Proklamasi versi Penulis untuk pembelajaran

Sungguh sulit membuat proklamasi ini. Aku bercerita, bahwa ia dan teman-temannya sampai harus berpikir beribu kali ketika ingin menggunakan suatu kata. Ada juga saat dimana ia dan teman-temannya hanya diam saking tidak tahu kata apa lagi yang harus digunakan. Terlebih ketika menulis proklamasi ini, mereka harus memposisikan diri mereka sebagai para petinggi yang memikirkan seluruh rakyat, tidak hanya untuk mewakilkan golongan mereka sendiri.

Jika ingin dibandingkan dengan proklamasi otentik yang sebenarnya….
Proklamasi Naskah

Proklamasi Otentik


Jauh sekali bukan? Cara pemilihan katanya saja berbeda. Sungguh amat sangat sulit. Dan sungguh hebat para tokoh sekaligus pahlawan masa itu yang telah berjuang memerdekakan Indonesia.

That’s why please, from now, respect your country and let’s do something to make your country develope. #IndonesiaMaju

Salam Indonesia Maju dari Aku.
Katanya: Laf.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GORESAN CUNEIFORM (MESOPOTAMIA)